Panduan untuk anda jika anda ingin Climbing Gunung Kinabalu


megah dan rasa hormat Gunung Kinabalu adalah salah satu tujuan terpenting bagi ribuan pengunjung ke Sabah, Malaysia Borneo setiap tahun. Taman Nasional Kinabalu, yang ditujukan Situs Warisan Dunia, menawarkan sekitar 4.500 jenis tanaman yang termasuk 1.500 jenis anggrek, 77 di antaranya adalah endemik ke Kinabalu, sesuatu yg memberi ketenangan picer tanaman, dan Rafflesia, bunga terbesar di dunia. Park yang juga mendukung 289 jenis burung dan 290 jenis butterflies.

Selain sebagai puncak tertinggi di Kalimantan dan seluruh Asia Tenggara (antara Irian Jaya dan Himalayas to be exact), dan non-volkanik muda gunung di dunia, Gunung Kinabalu pendaki sangat ramah dibandingkan dengan lainnya dan jauh lebih rendah gunung-gunung di seluruh dunia, Gunung Kinabalu adalah gunung pertama yang ideal untuk novice Trekker untuk menaklukkan gunung.

Standar naik Gunung Kinabalu adalah melalui Kinabalu Summit Trail di Taman Nasional Kinabalu (~ 1.560 m di atas permukaan laut). Yang pertama adalah kenaikan dari titik di Timpohon Gate, 4km atau sekitar 30 menit dari Taman Nasional Kinabalu markas.

Jika Anda lebih memilih untuk memulai pendakian pada Hari 1, disarankan untuk tiba di Taman terlambat pagi terbaru atau yang lain, tergantung cuaca, maka Park mungkin tidak memungkinkan Anda untuk melakukan pendakian pertama berbahaya karena kondisi (ie, the kabut mungkin terlalu tebal oleh larut malam visibilitas menyebabkan masalah dan / atau jejak mungkin sangat licin).

Climbers kebanyakan lebih memilih untuk menginap di Taman Nasional Kinabalu setelah kedatangan bukan hanya untuk menyesuaikan diri kpd suatu iklim dengan ketinggian tetapi juga untuk menikmati indah flora dan fauna di Taman sebelum "serangan" pada hari berikutnya / pagi.

Yang pertama adalah kenaikan dari Timpohon Gate setelah Power Station hingga pertengahan berkonperensi Laban Rata Resthouse (atau lebih dikenal sebagai ~ 11.000 kaki atau 3.873 m). Anda akan mengikuti jambul yang sempit ridge yang dips bawah utama menuju lereng Gunung Kinabalu itu sendiri. Sedikit lebih jauh, Anda akan mencapai pemandangan air terjun yang dikenal sebagai Carson's Falls, yaitu setelah pertama Warden dari Park. Jangan lupa untuk minum sedikit-sedikit Anda dan mengisi botol air dengan air segar alam pegunungan.

Secara kolot, harus mengambil orang biasa sesuai rata-rata 5-6 jam untuk mencapai Laban Rata. Peserta tahunan di Gunung Kinabalu Climbathon kompetisi pergi semua jalan hingga 13.400 ft (4092.5m di atas permukaan laut) dan kembali dalam 2 jam. Tetapi tidak benar-benar mengenai bagaimana Anda dapat cepat mencapai puncak. It is about pengalaman trekking melewati berbagai vegetasi dari zona Oak dan Chestnut ke berlumut dan akhirnya ke jenis vegetations alpine, dan mengamati eksotik dan langka flora dan fauna di atas jalan.

Selain air panas Laban Rata Resthouse, yang lainnya adalah pilihan untuk climbers tinggal di gunung yg tak dipanasi huts. Sebenarnya ada pilihan lain di akomodasi yang disebut VIP Lodge, yang lebih mahal dibandingkan dengan orang lain dan juga, lebih sulit untuk aman (yaitu, hanya dua unit seperti tersedia).

Setelah istirahat malam singkat untuk mengisi ulang baterai, yang kedua dan yang lainnya sangat meletihkan tahap awal akan dimulai pada pagi hari 2, sekitar 2-3. Kedua pendakian akan dari pertengahan puncak semua jalan ke puncak, yang disebut rendah dari Peak, yaitu setelah petugas kolonial Inggris Sir Hugh Low, diduga, orang pertama yang menaklukkan Mt. Kinabalu.

Pendakian yang biasanya harus memakan waktu beberapa hari tetapi jauh lebih menantang daripada awal pendakian karena udara yang tipis di dekat puncak. Tapi di dekat puncak pada granit bagian pendakian, akan ada tebal diletakkan tali nilon bawah untuk menandai rute climbers sehingga tidak akan hilang di kabut. Anda dapat menggunakan tali untuk menarik atas tubuh Anda lelah.

Meskipun, untuk mencapai puncak sudah sebuah prestasi, yang terbaik adalah target, jika mungkin, untuk mencapai puncak sebelum matahari terbit untuk menangkap awesome sight. Jika Anda mencapai terlalu awal, maka akan terlalu dingin beku menunggu terlalu lama untuk matahari terbit. Jelas pada cuaca baik, langit nampaknya berubah dari hitam menjadi merah dan oranye maka akhirnya emas sebagai matahari muncul. Ketika istirahat siang hari, Anda akan benar-benar merasa bahwa Anda sedang berdiri di atas dunia. Anda dapat melihat sejauh Kudat dan Sandakan bahkan jika cuaca memungkinkan.

Beberapa contoh rencana perjalanan wisata dapat ditemukan pada link di bawah ini:

2D/1N Gunung Kinabalu 3D/2N mendaki pendakian Gunung Kinabalu

Salah satu tip penting adalah untuk membuat reservasi dini. Mengingat popularitas Gunung Kinabalu mendaki saat ini, Anda dianjurkan untuk buku setidaknya 3-4 bulan di muka (atau bahkan jauh sebelumnya pada saat puncak musim biasanya sekitar pertengahan tahun) untuk menghindari kekecewaan.

Hal ini terutama karena keterbatasan akomodasi di pertengahan puncak (yaitu, Laban Rata Resthouse, Mountain Huts atau VIP Lodge). Dalam hal akomodasi tidak ada di tengah-tengah puncak, yang akan naik tidak mungkin ditetapkan sebagai ketat di Taman Nasional dari aturan dan peraturan yang berlaku. Selain itu, gunung adalah panduan wajib.



Panduan untuk anda jika anda ingin Climbing Gunung Kinabalu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Junaefi Ridho